eprintid: 1069 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/10/69 datestamp: 2025-07-14 02:29:05 lastmod: 2025-07-14 02:29:05 status_changed: 2025-07-14 02:29:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahim, Amalia contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tebisi, Juwita Meldasari contributors_name: Fadhli, Wendi Muhammad title: Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online Dengan Kejadian Astenopia Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Universitas Tadulako ispublished: pub subjects: 610.73 divisions: kep keywords: Kecanduan Game Online, Kejadian Astenopia note: LTA23 AMA h abstract: Data Entertainment Software Association (ESA) 2018, 60% orang Amerika bermain game online setiap hari, dengan 56% pemain pria dan 44% wanita. Bermain game online secara terus-menerus dapat menyebabkan kelelahan mata/astenopi. Hasil wawancara di Universitas Tadulako prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR) dari 10 0rang, didapatkan 3 orang mahasiswa yang bermain game online dengan durasi 4 jam dan 7 orang bermain game dengan durasi >6 jam dalam sehari, dimana hal ini menimbulkan kelelahan mata dengan keluhan sakit kepala, kurang tidur, dan kurang konsentrasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan tingkat kecanduan game online dengan kejadian Astenopia pada mahasiswa tingkat akhir prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. De- sain yang digunakan pada penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan pendeka- tan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa tingkat akhir prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR) Universitas Tadulako yang berjumlah 105 dengan jumlah sampel sebanyak 52 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan pada responden yang tid- ak kecanduan 8 orang (15,4%), kecanduan ringan 28 orang (53,8%), kecanduan berat 16 orang (30,8%). Untuk kejadian astenopia responden yang mengalami astenopia 48 orang (92,3%), tidak mengalami astenopia 4 orang (7,7%). Hasil penelitian ini menggunakan uji Chi-Square dengan alternatif uji Kolmogorov-Smirnov, diperoleh nilai p = 0,004 (p =<0,005). Simpulannya adalah terdapat hubungan tingkat kecanduan game online dengan kejadian Astenopia pada mahasiswa tingkat akhir prodi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR) Universitas Tadulako yang diharapkan dapat meningkatkan status kesehatan dan juga mencegah terjadinya pengaruhi aspek psikologis, sosial, akademik dan fisik pada mahasiswa. date: 2023 date_type: published full_text_status: restricted institution: Universitas Widya Nusantara department: Fakultas Kesehatan thesis_type: undergraduate thesis_name: other nim: NIM201901086 nidn: NIDN nidn: NIDN kodeprodi: KODEPRODI14201#Ilmu Keperawatan citation: Rahim, Amalia (2023) Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online Dengan Kejadian Astenopia Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Universitas Tadulako. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara. document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1069/1/Bab1_Dp.pdf document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1069/2/Bab2-4.pdf document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1069/3/Bab5.pdf document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1069/4/Lamp.pdf