eprintid: 1122 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/11/22 datestamp: 2025-07-23 05:47:00 lastmod: 2025-07-23 05:47:00 status_changed: 2025-07-23 05:47:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Nabila contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Siauta, Viere Allanled contributors_name: Taha, Masri Dg. title: Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Perawatan Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah ispublished: pub subjects: 610.73 divisions: kep keywords: perilaku caring perawat, kepuasan pasien note: SKR23 NAB h abstract: Perilaku caring merupakan sikap perawat yang masih dikeluhkan pasien terhadap pelayanan perawat yang kurang memperhatikan pasien, contohnya untuk penanganan infus macet, perawat kurang tanggap dalam menangani keluhan penyakit yang pasien rasakan, perawat yang kurang ramah dalam melayani pasien, perawat kurang perhatian dalam memenuhi kebutuhan dan permasalahan pasien, sehigga pasien masih belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan perawatan rawat inap RSUD Undata. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan observasional analitik dan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini pasien rawat inap seroja dan flamboyan di RSUD Undata, total sampel sebanyak 55 orang dengan teknik Porposive sampling. Hasil Penelitian Perilaku caring sebagian besar baik berjumlah 38 responden (69,1%) dan perilaku caring kurang berjumlah 17 responden (30,9%). Kepuasan pasien sebagian besar puas berjumlah 36 responden (65,5%) dan kepuasan pasien tidak puas berjumlah 19 responden (34,5%). Hasil uji chi- square adanya korelasi positif antara perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan perawatan rawat inap RSUD Undata dengan nilai p: 0,000 (<0,05). Kesimpulan Ada Hubungan perilaku caring perawat tehadap kepuasan pasien dalam pelayanan perawatan rawat inap RSUD Undata. Studi ini menunjukan bahwa perawat terlatih harus menjaga perilaku peduli mereka, terutama dalam komunikasi dan perawat yang harus lebih tanggap dalam menangani keluhan pasien, perawat yang harus lebih ramah di depan pasien, perawat yang harus tersenyum setiap menyapa pasien, perawat yang harus siap mendengarkan tiap keluhan pasien, agar pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perawat. date: 2023 date_type: published full_text_status: restricted institution: Universitas Widya Nusantara department: Fakultas Kesehatan thesis_type: undergraduate thesis_name: other nim: NIM201901022 nidn: NUPTK nidn: NUPTK kodeprodi: KODEPRODI14201#Ilmu Keperawatan citation: Pratiwi, Nabila (2023) Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Perawatan Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara. document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1122/1/Bab1_Dp.pdf document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1122/2/Bab2-4.pdf document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1122/3/Bab5.pdf document_url: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1122/4/Lamp.pdf