%0 Thesis %9 Undergraduate %A Arisanty, Seftin Sri %B Fakultas Kesehatan %D 2023 %F repouwn:1156 %I Universitas Widya Nusantara %K Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Pasien %T Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di UPTD Puskesmas Lokotoy Kabupaten Banggai Laut %U https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1156/ %X Kepuasan pasien merupakan tanggung jawab pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang memenuhi harapan pasien tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu berobat pada pelayanan kesehatan tersebut. Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi faktor komunikasi interpersonal perawat dalam proses pemberian pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Lokotoy. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analitik menggunakan desain Cross-Sectional. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden di UPTD Puskesmas Lokotoy. Analisis menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 35 responden sebagian besar mengatakan komunikasi interpersonal perawat baik dan merasa puas yaitu 21 responden (91,3%) dan komunikasi yang kurang baik dan tidak puas sebanyak 5 responden (71,4%). Hasil analisis Uji Chi Square diperoleh 0,001 p value (<0,005). Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat Hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Lokotoy. Saran bagi UPTD Puskesmas Lokotoy dapat meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan pasien yaitu komunikasi interpersonal. %Z SKR23 SEP h