%0 Thesis %9 Undergraduate %A Yani, Ni Made Riantika %B Fakultas Kesehatan %D 2023 %F repouwn:1159 %I Universitas Widya Nusantara %K Konsep Diri, Motivasi Belajar. %T Hubungan antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar pada Siswa-Siswi di SMA Negeri 1 Balinggi %U https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1159/ %X Kurangnya minat belajar siswa-siswi dapat disebabkan karena kurang percaya diri dan kemampuan diri dalam pembelajaran yang dipengaruhi oleh konsep diri yang rendah dibarengi motivasi yang juga rendah. Hal ini dibuktikan dari observasi yang ditemukan peneliti terdapat 1 siswa yang yakin dan 5 siswa yang tidak yakin dengan dirinya. Tujuan penelitian diketahuinya hubungan antara konsep diri dengan Motivasi Belajar pada siswa- siswi di SMA Negeri 1 Balinggi. Jenis penelitian kuantitatif, desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua siswa-siswi Kelas X dan XI di SMAN 1 Balinggi berjumlah 313 orang. Jumlah total sampel 53 orang yang didapat menggunakan rumus lameshow. Teknik penarikan sampel menggunakan Stratified Proportional Random Sampling. Hasil Penelitian Konsep diri sebagian besar positif berjumlah 31 orang (58,5%) dan negatif berjumlah 22 orang (41,5%) Motivasi sebagian besar positif berjumlah 33 orang (62,3%) dan negative berjumlah 20 orang (37,7%). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi-square diperoleh p-value =0.003 (