%O SKR22 MOH h %K Perilaku Caring, Kepuasan Pasien. %D 2022 %X Perilaku caring perawat merupakan bagian yang sangat penting dalam memenuhikepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di sebuah rumah sakit. Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa perawat tidak memperkenalkan diri pada saat melakukan tindakan serta ada beberapa perawat yang tidak menjelaskan tentang tindakan keperawatan yang akan dilakukan kepada pasien dan kurangnya komunikasi terhadap perawat dengan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Torabelo Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan pengobatan di ruangan cemara dan ruangan eboni RSUD Torabelo pada bulan februari 2022 yang berjumlah 237 pasien dengan teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Hasil penelitian dari 70 responden menunjukkan sebagian besar caring perawat cukup sebanyak 24 orang (52,2%) dan sebagian besar tingkat kepuasan pasien sangat puas sebanyak 41 orang (58,6). Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan di ruang rawat inap RSUD Torabelo dengan niali p 0,05 ≤ 0,05. Saran dari peneliti ini bagi rumah sakit RSUD Torabelo dapat meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan tentang perilaku caring dan juga diharapkan sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Torabelo. %A Moh. Rizky %L repouwn1168 %T Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Torabelo %I Universitas Widya Nusantara