Yani, Ni Made Riantika (2023) Hubungan antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar pada Siswa-Siswi di SMA Negeri 1 Balinggi. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.
![[thumbnail of Bab1_Dp.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab1_Dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab2-4.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (430kB)
![[thumbnail of Bab5.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab5.pdf
Download (48kB)
![[thumbnail of Lamp.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kurangnya minat belajar siswa-siswi dapat disebabkan karena kurang percaya diri dan kemampuan diri dalam pembelajaran yang dipengaruhi oleh konsep diri yang rendah dibarengi motivasi yang juga rendah. Hal ini dibuktikan dari observasi yang ditemukan peneliti terdapat 1 siswa yang yakin dan 5 siswa yang tidak yakin dengan dirinya. Tujuan penelitian diketahuinya hubungan antara konsep diri dengan Motivasi Belajar pada siswa- siswi di SMA Negeri 1 Balinggi. Jenis penelitian kuantitatif, desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua siswa-siswi Kelas X dan XI di SMAN 1 Balinggi berjumlah 313 orang. Jumlah total sampel 53 orang yang didapat menggunakan rumus lameshow. Teknik penarikan sampel menggunakan Stratified Proportional Random Sampling. Hasil Penelitian Konsep diri sebagian besar positif berjumlah 31 orang (58,5%) dan negatif berjumlah 22 orang (41,5%) Motivasi sebagian besar positif berjumlah 33 orang (62,3%) dan negative berjumlah 20 orang (37,7%). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi-square diperoleh p-value =0.003 (<p=0.05). Simpulan Ada Hubungan Antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar pada siswa-siswi di SMA Negeri 1 Balinggi. Saran untuk sekolah dapat membantu siswa-siswi menubuh kembangkan konsep diri dan motivasi dalam belajar dengan memberikan stimulus dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKR23 YAN h |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Motivasi Belajar. |
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Perpus UWN |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:45 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:45 |
URI: | https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1159 |