Pardiyansa, Pardiyansa (2023) Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Bencana Banjir Pada Siswa SDN 16 Di Kecamatan Bukal Kabupaten Buol. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.
![[thumbnail of Bab1_Dp.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab1_Dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab2-4.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (433kB)
![[thumbnail of Bab5.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab5.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of Lamp.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Bencana banjir di Indonesia Tahun 2021 di NTT menewaskan sedikitnya 68 orang, 14 orang masih dalam pencarian dan sekitar 2.600 orang telah terkena dampak banjir. Banjir yang terjadi di Kecamatan Bukal tanggal 21 maret 2022 mengakibatkan sedikitnya 669 jiwa atau 147 kepala keluarga menjadi korban banjir tersebut. Tujuan penelitian ini adalah dianalisisnya Pengaruh Edukasi Banjir terhadap Tingkat Pengetahuan Bencana Banjir pada Siswa SDN 16 di Kecamatan Bukal Kabupaten Buol. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan menggunakan pendekatan one-group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN 16 Bukal, dengan jumlah sampel 12 responden, serta teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Adapun media edukasi yang di gunakan pada penelitian ini adalah leaflet. Hasil Penelitian dari 12 responden didapatkan Pengetahuan dengan kategori cukup berjumlah 6 orang (50%) dan pengetahuan kurang berjumlah 6 orang (50%), Semua responden berubah pengetahuannya menjadi baik berjumlah 12 orang (100%). Hasil analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon diperoleh ada Perbedaan pengetahuan bermakna setelah Pemberian Edukasi Banjir terhadap Tingkat Pengetahuan Bencana Banjir pada Siswa SDN 16 di Kecamatan Bukal Kabupaten Buol, yaitu p = 0,002 < 0,05. Simpulannya adalah terdapat perbedaan Tingkat Pengetahuan Bencana Banjir pada Siswa SDN 16 di Kecamatan Bukal Kabupaten Buol. Saran bagi institusi pendidikan agar bencana banjir dapat diajarkan pada siswa baik sebatas penyuluhan atau program rutin dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKR23 PAR p |
Uncontrolled Keywords: | Edukasi, Pengetahuan, Banjir, Siswa |
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Perpus UWN |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:15 |
URI: | https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/1163 |