Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah

Olvin, Olvin (2019) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.

[thumbnail of Bab1_Dp.pdf] Text
Bab1_Dp.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of Bab2-4.pdf] Text
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[thumbnail of Bab5.pdf] Text
Bab5.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Lamp.pdf] Text
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Rumah sakit dalam memberikan kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan derajat kepuasan pasien. Pengukuran kepuasan pasien sangat diperlukan karena merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, efisien dan lebih efektif. faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien meliputi dimensi kepuasan itu sendiri yang diantaranya adalah bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) serta empati (emphty). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di pelayanan rawat jalan RSUD Undata provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional pada pasien rawat jalan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 55 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara dimensi tangibility dengan kepuasan nilai p value 0.439, tidak terdapat hubungan antara dimensi reliability dengan kepuasan nilai p value 0.395, tidak terdapat hubungan antara responsiveness dengan kepuasan nilai p value 0.177, tidak terdapat hubungan assurance dengan kepuasan nilai p value 0.238 dan tidak terdapat hubungan antara empathy dengan kepuasan nilai p value 1.000. Kesimpulan: perlu dilakukan peningkatan kualitas mutu pelayanan agar semua dimensi pelayanan memberikan kepuasan kepada pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR19 OLV f
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kepuasan, Pasien Rawat Jalan.
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Perpus UWN
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:22
Last Modified: 08 Oct 2024 06:22
URI: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item
View Item