Evaluasi Interprofessional Education (IPE) Dengan Kemampuan Perawat Pelaksana Dalam Berkolaborasi Dengan Tenaga Kesehatan Lain Di RSUD Undata

Ardiansyah, Moh. Afandy (2021) Evaluasi Interprofessional Education (IPE) Dengan Kemampuan Perawat Pelaksana Dalam Berkolaborasi Dengan Tenaga Kesehatan Lain Di RSUD Undata. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.

[thumbnail of Bab1_dp.pdf] Text
Bab1_dp.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Bab2-4.pdf] Text
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of Bab5.pdf] Text
Bab5.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of Lamp.pdf] Text
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Interprofessional Education (IPE) merupakan suatu konsep pendidikan yang terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi. IPE adalah jenis pembelajaran yang berpusat pada pembelajaran dengan, dari, dan tentang tenaga kesehatan sehingga bisa membuat kolaborasi antara dua orang atau lebih tenaga kesehatan untuk pelayanan pasien yang lebih ideal. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pengetahuan interprofessional education (IPE) dengan kemampuan perawat pelaksana dalam berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain di RSUD Undata Palu. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Cross Sectional menggunakan analisis nonparametris, jumlah populasi 64 perawat, jumlah sampel 39 perawat dan tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa data menggunakan uji korelasi spearman. Variabel independen interprofessional education dan variabel dependen kemampuan perawat dalam berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain. Hasil penelitian evaluasi pengetahuan perawat terhadap interprofesional education diketahui bahwa sebagian besar perawat mempunyai tingkat pengetahuan yang baik sebanyak 27 responden (69.23%), sedangkan yang memiliki pengetahuan dengan kategori cukup sebanyak 12 responden (30.77%). Sedangkan tingkat kemampuan perawat dalam berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya diketahui bahwa sebagian besar perawat tidak memiliki kemampuan dalam berkolaborasi sebanyak 24 responden (61.54%), sedangkan yang memiliki kemampuan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya sebanyak 15 responden (38.46%). Hasil analisis bivariat dengan uji Korelasi spearman Hasil korelasi rank spearman menunjukan angka sebesar 0,527 (dengan korelasi interprestasi sedang). nilai p-value dari korelasi rank spearman sebesar 0.001, yang artinya yaitu IPE memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan seorang perawat untuk berkolaborasi dengan tenaga kesehatan yang lain.Tingkat korelasi dari kedua variabel ini termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini yaitu adanya hubungan antara Interprofessional Education dengan kemampuan perawat dalam beekolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR21 MOH e
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Librarian UWN
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:59
Last Modified: 05 Mar 2025 02:59
URI: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item
View Item