Hubungan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien PBI Rawat Inap di Puskesmas Marawola

Nuriany, Nuriany (2018) Hubungan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien PBI Rawat Inap di Puskesmas Marawola. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.

[thumbnail of Bab1_dp.pdf] Text
Bab1_dp.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of Bab2-4.pdf] Text
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[thumbnail of Bab5.pdf] Text
Bab5.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Lamp.pdf] Text
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)

Abstract

Peserta PBI adalah fakir miskin dan orang tidak mampu sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan. Tujuan berdasarkan hasil observasi peneliti di Puskesmas Marawola pelayanan kesehatan yang diberikan belum maksimal, terlihat dari tingkat kepuasan pasien yang kurang, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pemeriksaan dilakukan oleh dokter di ruang perawatan terkesan cepat dan tergesa-gesa sehingga pasien merasa tidak cukup waktu untuk berkonsultasi dengan dokter. Pemberian obat yang dibatasi membuat pasien tidak nyaman dan sistem rujukkan berjenjang pasien merasa proses rujukkan menjadi lebih lama dan sulit dalam pengurusannya. Dan juga setiap pasien PBI Puskesmas Marawola apabila melakuan rujukkan hanya bisa ke Rumah Sakit Tora Belo Kabupaten Sigi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan Antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien PBI. Jenis penelitian ini dilakukan di Puskesmas Marawola dengan jumlah populasi 75 orang dan jumlah sampel sebanyak 47 responden dengan tekhnik pengambilan sampel purposive sampling. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikan (α=0,05). Hasil penelitian ini dimana p-value 0,008 menunjukan bahwa ada hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien PBI di ruang rawat Puskesmas Marawola. Saran penelitian ini agar sikap empati perawat dan pengadaan obat harus lebih ditingkatkan demi menunjang mutu pelayanan kesehatan agar pasien puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR18 NIR h
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Librarian UWN
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:03
Last Modified: 16 Oct 2024 02:03
URI: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item
View Item