Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Talise Kota Palu

Syahrani, Syahrani (2019) Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Talise Kota Palu. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.

[thumbnail of Bab1_Dp.pdf] Text
Bab1_Dp.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of Bab2-4.pdf] Text
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of Bab5.pdf] Text
Bab5.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Lamp.pdf] Text
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil wawancara awal yang peneliti lakukan pada 10 orang pasien yang berkunjung di Puskesmas Talise menunjukkan bahwa terdapat 8 orang di antaranya yang mengatakan bahwa waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan cukup lama yaitu sekitar 30 menit. Terdapat 8 orang di antaranya yang menyatakan bahwa tidak jelas penjelasan yang disampaikan oleh petugas kesehatan, sehingga ada beberapa pasien yang salah ruangan, pasien yang langsung pulang tanpa mengambil obat, pasien yang menunggu lama karena bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya. Tujuan penelitian ini yaitu dianalisisnya hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Talise Kota Palu. Metode penelitian ini analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berobat/berkunjung di Puskesmas Talise Kota Palu. Jumlah sampel yaitu 43 sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Talise Kota Palu dengan p-value = 0,000 (p-value ≤ 0,05). Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Talise Kota Palu. saran yaitu hendaknya pimpinan puskesmas mengadakan pelatihan komunikasi terapeutik sebagai salah satu upaya yang harus terus menerus dilaksanakan dalam mempertahankan atau bahkan lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien atau masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR19 SYA h
Uncontrolled Keywords: komunikasi terapeutik, kepuasan
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Perpus UWN
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:56
Last Modified: 21 Oct 2024 07:56
URI: https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item
View Item