Putra, Sandi Wirawan (2019) Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RS Samaritan Palu. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.
Bab1_Dp.pdf
Download (811kB)
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (575kB)
Bab5.pdf
Download (229kB)
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (976kB)
Abstract
Instalasi Gawat Darurat sebagai gerbang utama penanganan kasus gawat darurat di rumah sakit memegang peranan penting dalam upaya penyelamatan hidup pasien. Response time sangat penting dalam menangani pasien gawat darurat khususnya pasien dengan kategori triase merah dan response time yang cepat dapat menimbulkan rasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah dianalisisnya hubungan response time pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) dengan tingkat kepuasan pasien di RS Samaritan Palu. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua pasien di instalasi gawat darurat (IGD) RS Samaritan Palu berjumlah 709 orang berdasarkan rata-rata kunjungan perbulan. Sampel adalah sebagian populasi yaitu 61 orang. Menggunakan tehnik non random sampling dengan cara consecutive sampling. Menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa response time pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) ≤ 5 menit yaitu berjumlah 80,3%. Sebagian besar responden menyatakan bahwa response time pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) memuaskan yaitu berjumlah 75,4%. Hasil uji Fisher’s Exact didapatkan nilai p=0,000 (p Value <0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara response time pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) dengan kepuasan pasien. Saran bagi RS Samaritan Palu agar mempertahankan dan meningkatkan pelayanan di instalasi gawat darurat (IGD) dengan meningkatkan kesiapan perawat dalam melayani pasien dan meningkatkan pelayanan dokter dengan selalu menanyakan keluhan pasien serta sikap, keramahan dan kesopanan perawat, perhatian perawat terhadap kebutuhan dan keluhan pasien lebih ditingkatkan agar memberi kepuasan bagi pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKR19 SAN h |
Uncontrolled Keywords: | Response Time, IGD, Kepuasan Pasien. |
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Perpus UWN |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 02:29 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 02:29 |
URI: | https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/403 |