Sriani, Ni Luh Ayu (2022) Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Widya Nusantara.
![[thumbnail of Bab1_Dp.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab1_Dp.pdf
Download (748kB)
![[thumbnail of Bab2-4.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (583kB)
![[thumbnail of Bab5.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab5.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of Lamp.pdf]](https://repository.uwn.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari rumah sakit yaitu kepuasan pasien. Mengukur seberapa besar tingkat kepuasan pasien mutlak dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Instalasi gawat darurat mempunyai tujuan tercapainya pelayanan yang optimal dengan penanganan cepat, tepat dan terpadu sehingga mencegah terjadinya kecacatan sampai dengan menyebabkan kematian. Tujuan umum penelitian ini adalah telah diuraikan hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan instalasi gawat darurat di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analitik menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung di IGD RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah sampel menggunakan rumus Purposive sampling sehingga diperoleh 89 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 89 responden sebagian besar tingkat kepuasan pasien adalah puas (51,7%) dan pelayanan IGD sebagian besar adalah memuaskan (53,9%) dengan hasil uji statistik chi square p value 0,000 < 0,05. Simpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan instalasi gawat darurat di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai p value 0,000. Saran ditujukan kepada RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah diharapkan agar dapat memberikan pengarahan mengenai bagaimana tata cara pelayanan sesuai prosedur yang ditetapkan terhadap seluruh lapisan yang ada di IGD sehingga akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan juga kepuasan yang dirasakan oleh pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKR22 SRI h |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pelayanan, Keperawatan, IGD |
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610.73 Keperawatan dan Pelayanan Tenaga Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Perpus UWN |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:08 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 06:08 |
URI: | https://repository.uwn.ac.id/id/eprint/867 |